Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua

Dibaca 5 Juta+ Wisatawan

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua – Pulau papua merupakan Pulau yang berada di ujung negara indonesia yang dimana banyak sekali keajaiban yang jarang orang ketahui loh Selain terkenal dengan objek wisata yang salah satunya ialah raja ampat yang dimana merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal domestik maupun mancanegara dengan pemandangan yang berada di taman bawah laut dan juga diatas permukaan lautnya yang sangat banyak sehingga mampu membuat raja ampat ini mendapatkan julukan sebagai “surga tersembunyi” yang hanya dapat ditemukan di pulau papua saja.

Selain itu ternyata pulau papua ini juga terkenal dengan hewan yang bernama burung cendrawasih. Burung Cendrawasih ini sendiri memiliki tiga warna yaitu coklat, putih dan kuning ini merupakan satwa liar yang dilindungi di pulau papua. Pulau papua ini jika dikenal dengan sangat baik maka anda akan mengetahui bahwa di pulau papua ini sangat amat banyak memiliki keunikan dan juga keindahan yang sangat terkenal dalam negeri maupun bisa hingga ke manca negara lohh!

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua – Tapi apakah anda penasaran gasih dengan tradisi yang sangat unik dan juga ngeri? Jika iya maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai tradisi papua yang unik sekaligus bikin ngerih, silahkan disimak dengan seksama!

Baca Juga :  Gak Seru Kalo Tidak Mengunjungi Tempat Ini!

POTONG JARI DI PULAU PAPUA

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua

Potong jari atau dapat disebut sebagai iki palek merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dani di pulau papua. Tradisi yang dimana memotong jari ketika ada keluarga yang meninggal ini ialah sebagai bentuk bahwa kesedihan yang terjadi akibat ditinggal oleh keluarga mereka. Jadi bagi anda ketika berkunjung ke pulau papua dan mendapati warga yang jarinya terlihat tidak lengkap maka itulah yang menandakan berapa banyak keluarga yang meninggalkan mereka. Mimin sendiri tidak bisa ngebayangin gimana rasa sakitnya, padahal saat tergores saja dengan pisau sudah merasakan sakit yang luar biasa apalagi potong jari.

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua 

TIFA DARAH

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua

Pernahkan anda mendengar tentang tifa darah? Tifa darah merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kulit biawak dari pulau papua yang dimana alat musik ini memiliki cara yang sangat ekstrim. Tradisi yang dilakukan oleh suku kamora dimana untuk memainkan alat musik ini membutuhkan bahan dari pembuatnya, dimana mereka akan memakai darah yang berasal dari paha mereka untuk menempelkan kulit biawak sebagai pereket ke gendang kayu. Untuk mengeluarkan darah yang berasal dari paha tersebut biasanya mereka akan melukai paha mereka menggunakan barang yang tajam.

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua 

TRADISI MANSORANDAK

Baca Juga :  Paket Wisata Manado 3 Hari 2 Malam Terpercaya!

Tradisi Unik Dan Ngeri Hanya Di Pulau Papua

Mansorandak sendiri merupakan tradisi injak piring yang dimana tradisi ini biasanya dilakukan oleh Suku Biak di Teluk Doreri, Manokwari. Tradisi ini dilakukan guna untuk menyambut keluarga yang baru saja pulang sehabis merantau yang dimana orang yang baru saja pulang dari merantau ini akan menginjak 9 piring yang sudah disediakan selama 9 kali putaran selain itu ketika sudah melakukan 9 putaran maka mereka juga harus menginjak replika dari buaya yang mempunyai simbol bentuk sebagai percobaan hidup yang dihadapi dan ketika tradisi sudah selesai dilakukan maka mereka akan makan bersama. Tradisi mansorandak satu ini sebagai bentuk mengusir roh roh jahat yang menempel pada mereka saat merantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *