Intip Adat Istiadat Yang Berada Di Pulau Ini

Tradisi Pembakaran Mayat Hanya Terjadi Di Bali

Tradisi Pembakaran Mayat Hanya Terjadi Di Bali –¬†Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya ritual kedukaan itu seperti belangsungkawa terhadap mereka yang kehilangan orang orang yang mereka sayang dan juga ikut mengikuti ibadah yang dilaksanakan guna untuk memberi penghormatan terakhir kepada mereka yang meninggalkan keluarga mereka selama-lamanya.

Hal itu sudah menjadi salah satu hal yang sudah umum bagi banyak orang tapi pernahkan kamu mengetahui bahwa di provinsi ini merupakan salah satu tempat yang memiliki tradisi unik dengan cara membakar orang-orang yang sudah meninggalkan dunia, penasaran kan? jika iya maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai salah satu tradisi unik yang berada di salah satu provinsi yang terletak di negara indonesia.

Paket wisata jepang

Pulau bali. Siapa sih yang tidak mengetahui pulau yang merupakan salah satu provinsi yang berada di indonesia. Dimana pulau ini dikenal oleh sebagian banyak orang yang sudah berkunjung ke pulau bali sebagai kota wisata dikarenakan pulau ini memiliki banyak sekali keunikan yang dimulai dari budaya, agama, suku dan juga diiringi dengan objek objek wisata yang sangat populer.

Pulau bali juga memiliki ibukota yang bernamakan sebagai kota denpasar dan pulau bali ini dikenal juga dengan budaya hindu nya yang sangat kental sehingga terdapat banyak sekali tempat tempat ibadah seperti pura dan selain itu juga pura yang menempati pulau bali satu ini memiliki populeran yang sangat wow dan juga sering digemari banyak orang mau dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca Juga :  Fakta Menarik Negara India, Sangatlah Unik!

Tradisi Pembakaran Mayat Hanya Terjadi Di Bali

Dan apakah anda pernah mengetahui bahwa pulau bali juga terkenal dengan tradisi hindu yang dimana orang yang sudah mati maka mereka akan dibakar. Tradisi ini disebut sebagai “ngaben” yang dimana merupakan proses yang dilakukan oleh mereka yang meyakini agama hindu. Biasanya ketika sedang berliburan di pulau bali maka anda akan melihat tradisi tradisi yang unik di pulau bali.

Tujuan ngaben sendiri dipercayakan oleh agama hindu ialah guna untuk menyucikan roh-roh umat Hindu yang sudah meninggal dunia dan juga sebagai cara untuk mempercepat kembalinya jasad ke alam asalnya. Tradisi ngaben sendiri juga merupakan bentuk dari keiklashan dari keluarga bagi mereka yang sudah meninggalkan dunia.

Asal Usul ngaben sendiri memiliki arti dari abu dan selain itu banyak yang mengatakan bahwa ngaben sendiri dipercaya merupakan ritual bahwa keluarga dapat membebaskan arwah orang yang sudah tidak bernyawa dari dunia dan menuju ke surga lalu menunggu adanya reinkarnasi.

Terdapat banyak sekali macam-macam ngaben yang sering digunakan oleh orang orang yang beragama hindu yaitu ialah

NGABEN SAWA WEDANA
Biasanya ngaben sewa wedana satu ini merupakan salah satu pembakaran jenazah yang masih utuh dan belum dikuburkan.

NGABEN ASTI WEDANA
Sedangkan ngaben asti wedana merupakan salah satu ngaben yang melibatkan keranda jenazah yang sudah pernah dikubur

SWASTA
Berbeda dengan ngaben yang lain bahwa swasta ini merupakan ngaben yang tidak memperlihatkan jenazah. Hal ini terjadi dikarenakan bisa saja mayat tidak ditemukan ataupun juga bisa meninggal di tempat yang sangat jauh.

Baca Juga :  Paket Wisata Lihaga Likupang 1 Hari BERKUALITAS!!

NGELUNGAH
Ngaben satu ini digunakan bagi bayi yang belum lepas gigi atau tanggal gigi dan sebagainya

WARAK KRURON
Warak Kruron merupakan salah satu upacara massal yang dimana acara pembakaran ini hanya dilakukan oleh bayi.

Nah sekian itu saja informasi yang bisa saya berikan mengenai Tradisi Pembakaran Mayat Hanya Terjadi Di Bali 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *