Makanan Khas Papua Yang Unik

Makanan Khas Papua Yang Unik –¬†Indonesia merupakan tempat dimana berbagai makanan dan budidaya yang sangat banyak. Terutama untuk makanan kuliner yang berada di Indonesia. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait makanan khas Papua yang unik.

Makanan Khas Papua Yang Unik

Paket wisata jepang

Indonesia atau dapat disebut sebagai negara republik indonesia merupakan negara yang berada di Asia tenggara dan oseania antara samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Indonesia juga merupakan negara yang memiliki ribuan kepulauan yang terdapat berbagai pulau utama yang dihuni yaitu Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera, Pulau Jawa.

Karena banyaknya pulau yang berada di Indonesia maka negara ini juga terdapat berbagai kuliner yang unik dan menarik untuk dicoba salah satunya Pulau Papua.

Pulau papua merupakan provinsi yang berada di pesisir utara tanah papua dulu katanya pulau papua ini memiliki julukan sebagai irian jaya yang mencakup seluruh pulau ex nugini belanda tapi sekarang nama itu diubah menjadi Pulau papua yang kita kenal saat ini.

Pulau Papua satu ini selain dikenal karena keunikan suku dan budaya tetapi pulau satu ini menyimpan surga yang tersembunyi yaitu wisata raja ampat.

Raja ampat merupakan salah satu kepulauan yang terkenal akan berbagai pulau kecil yang lebih dari ratusan pulau karang dan juga menjadi salah satu perairan yang menyimpan hampir seluruh terumbu karang yang ada di dunia, destinasi wisata ini memiliki lebih dari 1.318 jenis ikan, 699 moluska, dan terumbu karang yang berjumlah lebih dari 547.

Baca Juga :  Oleh Oleh Yang Wajib Kamu Bawa Ketika Pulang Dari Bali

Selain karna tempat wisatanya yang indah dan menakjubkan tetapi papua terkenal juga dengan makanan makanan yang unik dan dapat dibilang ekstrem maka dari itu mari kita membahas salah satu makanan yang berada di papua.

1.Papeda

Makanan Khas Papua Yang Unik

Jika anda berkunjung ke pulau papua maka anda akan dengan mudah mendapati makanan satu ini. Papeda merupakan bubur khas papua yang diolah dari pohon sagu atau dapat disebut sebagai pohon rumbia.

Pohon Rumbia merupakan pohon liar yang tinggal di hutan papua, pohon papua yang diolah menjadi tepung dari beberapa proses pengolahan sehingga menjadi papeda yang memiliki tekstur lengket dan kenyal ini. Makanan papeda ini sering dicocokan dengan ikan tongkol tapi papeda juga bisa dimakan bersamaan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue dan makanan kuah lainnya.

2. Udang Selingkuh

 

Makanan Khas Papua Yang Unik

Udang selingkuh ini merupakan makanan dengan nama yang unik yang berasal dari pulau papua, kenapa disebut sebagai Udang selingkuh karena makanan kuliner ini merupakan warga pulau papua menganggap udang selingkuh sebagai perselingkuhan antara udang dan kepiting. lucu sekali nama makanan satu ini.

Udang selingkuh ini hanya dapat didapati di daerah Goa Togece Kampung Parema, Distrik Wesaput, Wamena, Kabupaten Jayawijaya. jadi untuk anda yang ingin berkunjung ke pulau papua wajib mencobai makanan ini.

3. Ulat Sagu

Makanan Khas Papua Yang Unik

Ulat sagu ini merupakan salah satu kuliner khas papua yang dipercaya mampu digunakan sebagai jamu untuk tubuh. mungkin hal ini dianggap ekstrem untuk beberapa banyak orang tapi ulat sagu ini merupakan makanan yang penuh akan khasiat nya sehingga banyak pengunjung yang memburu makanan ini.

Baca Juga :  Paket Wisata Manado Bunaken 1 Hari Paling Laris!

Ulat sagu dapat ditemukan di pohon sagu yang sudah mati dan terkadang suku Kamoro langsung memakan nya secara mentah mentah.

3. Sarang semut

Makanan Khas Papua Yang Unik

Emang bisa dimakan? sarang semut ini tidak perlu dimakan, untuk cara pemakaiannya hanya dengan merebus sarang semut ini lalu air yang direbus adalah minuman yang akan kita minum nanti.

Sarang semut ini bukan sarang semut asli ini merupakan tumbuhan epifit atau dapat disebut sebagai tumbuhan yang menempel ke pohon tetapi tidak menyerat zat yang berada di pohon tersebut. Alasan kenapa hal ini disebut sebagai sarang semut mungkin karena bentuknya yang terlihat seperti sarang semut pada umumnya sehingga dinamai seperti itu.

Cukup sampai itu saja pembahasan kita tentang makanan unik yang ada di pulau papua semoga dapat membantu anda yang ingin mencobai kuliner unik khas papua.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *