kue klappertaart

Jajanan Kue Khas Manado, Ole-Ole Untuk Keluarga Dirumah

Dibaca 5 Juta+ Wisatawan

Jajanan Kue Khas Manado, Ole-Ole Untuk Keluarga Dirumah – Berwisata ke Manado memang sangat menyenangkan, di kota ini kalian bisa menikmati spot-spot diving yang indah terutama di taman laut Bunaken. Selain itu, kita juga bisa menikmati masakan atau jajanan khas Manado yang tentunya sangat lezat. Tak heran jika Manado selalu dibanjiri wisatawan, baik domestik maupun.

menawarkan ke Manado Sulawesi Utara tidak lengkap tanpa membawa ole-ole dari Manado untuk dibawa pulang buat keluarga. Keluarga mungkin juga penasaran dan ingin merasakan kenikmatan dari jayanan manado ini.

Langsung saja, ini dia beberapa jajanan kue khas Manado di Sulawesi Utara yang cocok untuk di bawah pulang

  • Klappertaart

Jajanan Kue Khas Manado-Kue Klappetart

Salah satu jayanan yang enak dan sangat cocok untuk dibawa pulang adalah Klappertaart.

kalian tidak dapat menemukan kue selain di Manado. Jadi, jika Anda ke Manado, jangan lupa datang ke Klappertaart dan pulang sebagai oleh-oleh untu orang tersayang dirumah.

Klappertaart sendiri merupakan kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klapertaart terbuat dari kelapa muda, tepung terigu, gula pasir, susu, margarin dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan secara dingin. banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, perlu diketahui Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dikemas dalam wadah kedap udara dan keamanan. Untuk Anda yang berada di luar kota Manado seperti Jakarta, Bali atau kota lainnya, kue ini masih bisa disimpan dan setelah sampai di rumah Anda langsung masukkan klappertaart ke dalam lemari es.

  • koyabu

Jajanan Kue Khas Manado - kue koyabu

Koyabu Ini adalah kue tradisional, kue koyabu sangat digemari oleh masyarakat Manado karena rasanya yang begitu gurih, dibungkus dengan daun pandan, kue ini memiliki aroma yang khas. Koyabu terkenal dengan cita rasa khas daun pandan dan gula merah yang meleleh.

Baca Juga :  Keindahan Wisata Pantai Likupang,Mari Kita Jelajahi!

Koyabu dengan bahan utamanya dari buah kelapa yang merupakan buah yang populer di Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Termasuk sebagai bahan pokok masakan Indonesia. Bagi Anda yang penasaran dengan bahan-bahan yang dikandungnya, langsung saja simak artikel di bawah ini.

Bahan yang perlu disiapkan

Tepung ketan 500gr 

Gula merah 250gr 

Garam 2 sdm 

Gula pasir 1 sdm 

Vanili 1 sdt 

Daun pandan untuk pembungkus kue 

Kelapa parut 900gr

Dalam memilih buah kelapa, pilihlah kelapa parut setengah tua agar adonan tidak mudah hancur saat dikukus nantinya.

Bahan kue sudah tersedia sekarang untuk wadah untuk mencampur semua bahan kue. Kemudian campur jadi satu tepung beras ketan, garam, gula pasir, kelapa parut dan vanili. aduk hingga adonan kalis. Setelah adonan dicampur, ambil daun pandan, lipat bagian tengahnya hingga menjadi kerucut, lalu tambahkan adonan kue, beri sedikit gula merah di tengahnya, tumpuk lagi denganadonan. Kemudian lipat menjadi bentuk piramida, dan terakhir sematkan lidi dibagian atas. hingga semua adonan terbungkus. Selanjutkan kukus kue di panci yang sudah diisi air. Kemudian masukkan kue koyabu ke dalam panci. Kukus selama kurang lebih 30 menit. setelah 30 menit keluarkan setiap kue dan diamkan sebentar lagi.Setelah dingin, Koyabu siap disantap. 

  • Cucur

Jajanan Kue Khas Manado-Cucur

Banyak kue tradisional yang masih melegenda hingga saat ini, tidak menyiapkan kue cucur ini. Kue cucur ini sering dijual di pasar dan di tok0-toko. Kue cucur memiliki tekstur yang berisi, empuk dan sedikit renyah di bagian pinggirnya dengan kombinasi gurih dan manis.

Baca Juga :  Yamani, Kambing Guling Kemasan Pertama di Dunia

Bahan utama kue cucur adalah tepung terigu, tepung beras dan gula merah. Hasilnya akan berwarna coklat muda karena gula merah. Kue yang juga banyak digemari sampai begitu banyak rasa dan warna yang diciptakan.

Yuk intip bahan-bahan yang ada dalam kue cucur ini.

bahan:

200g gula merah yang telah dihaluskan

250ml udara

1 lembar daun pandan disimpul

125g tepung beras

100g tepung serbaguna

1/2 sendok teh garam

minyak sayur secukupnya

Cara pembuatannya 

– Didihkan air dan daun pandan, tambahkan gula dan masak hingga meleleh. Angkat dan dinginkan. 

– Campur jadi satu tepung beras, tepung terigu dan garam. 

– Tuang larutan gula ke dalam campuran tepung, aduk rata. kocok adonan dengan hand whisk selama 5 menit. Diamkan adonan selama 1 jam di suhu ruang. 

– Minyak panas dalam wajan. ada 1 sendok sup (50 ml) adonan cucur dan kecilkan api.

– Masak hingga matang sambil disiram dengan minyak di atas adonan.

Kemudian diangkat, dan langsung dihidangkan.

Gimana nih.. Makin penasaran bukan? Ayuk penuhi rasa penasaranmu dengan berkunjung dimanado dan jangan lupa cicipi dan bawah sebagai oleh-oleh untuk dirumah.

Sekian informasi jajanan kue khas Manado di Sulawesi Utara yang cocok untuk ole-oleh buat keluargamu dirumah semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang bingung mencari jajanan. Akhir kalimat saya terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *