Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam

Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam

Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam– Yang sama sama kota tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, adat, dan tradisi nya, yang menjadikan Indonesia sebagai negara heterogen yaitu penuh akan adat dan budaya, contoh nya seperti batik. Batik adalah kain bergambar khusus dengan beragam corak warna dan bentuk lalu proses pembuatannya yang terbilang sangat unik.

Batik adalah warisan budaya Indonesia sejak dulu dan kini sudah di akui oleh pihak UNESCO bahwa batik adalah milik Indonesia yang sudah ada sejak dulu. Nah setiap tanggal 2 Oktober tuh pasti di peringati hari batik Nasional. Bangga tidak jadi salah satu bagian dari Indonesia? Kekayaan yang penuh dan menjadi salah satu negara maritim yang sangat kaya.

Paket wisata jepang

Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam

Bukan hanya terdapat banyak suku, rasa, adat, dan lain lainnya, namun Indonesia juga memiliki banyak sekali pulau dan flora juga fauna yang di lindungi di dalamnya. Uhh! Kurang kaya apalagi negara kita yang tercinta ini??

Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam -Nah berbicara soal batik, kali ini kita akan membahas beberapa batik dan jenis nya yang memiliki filosofi yang beragam dan mungkin bisa membuat kita paham setiap kali kita melihat motif dari beberapa batik yang kota lihat.

Inilah Jenis Batik Indonesia Yang Memiliki Filosofi Beragam

Batikāˆš

1. Batik Mega Mendung [ Cirebon ]

Baca Juga :  Cari Tahu Kuliner Turki di Sini Yuk

Mega Mendung merupakan salah satu jenis motif batik yang populer di daerah Cirebon. Motif batik dengan pola-pola awan ini menyimpan makna dan filosofi yang mendalam. Pesan nilai kesabaran terselip di balik motif ini. Dalam motif Mega Mendung harus terdapat tujuh gradasi warna yang menjadi pelapis.

Motif ini juga sangat sering kita lihat di berbagai kain batik khususnya di Cirebon, Tidak menyangka bahwa filosofi dan makna nya begitu mendalam.

2. Batik Sidomukti [ Solo dan Yogyakarta ]

Batik Sidomukti merupakan salah satu jenis batik keraton Solo, Jawa Tengah. Batik ini biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam. Warna soga atau cokelat pada kain sidomukti merupakan warna batik klasik dengan motif yang asli dan kuno. Batik Sidomukti sendiri memiliki filosofi sesuai namanya. Sidomukti berasal dari kata “sido” yang berarti jadi atau menjadi atau terus menerus sedangkan “mukti” yang berarti mulia dan sejahtera.

3. Batik Parang Kusumo [ Solo ]

Sesuai dengan analogi tersebut, Parang Kusumo memiliki makna bahwa sebuah kehidupan harus dilandasi oleh perjuangan dan usaha. Perjuangan nyata guna dalam rangka untuk mencapai keharuman lahir dan batin. Bagi orang Jawa, keharuman yang dimaksud keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma yang berlaku dan sopan santun.

4. Batik Tujuh Rupa [ Pekalongan ]

Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Selain memiliki motif bunga yang cerah, ciri lain dari batik Pekalongan ini juga memiliki motif garis dan juga titik pada setiap hasil kerajiann batik tersebut. Batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi pengaruh budaya luar.

Baca Juga :  Nikmati Ragam Jajanan Kuliner di Sulawesi Utara

Secara filosofi, para pengrajin batik Pekalongan telah menempatkan hiasan keramik Tiongkok sebagai akulturasi ikatan kebudayaan leluhur yang dalam lukisannya memiliki kefasihan dan kelembutan. Pemilihan ragam hias jenis tumbuhan yang sebagian besar menjadi objek utama dan banyak terdapat pada lukisan keramik Tiongkok.

Memang ada banyak lagi jenis bantik di Indonesia yang memiliki makna nan filosofi yang beragam, filosofi dan makna itu juga bisa beragam yang di sebabkan oleh beragam daerah yang menghadirkan jenis batik tersebut. Ada banyak informasi lainnya yang bisa saya bagikan untuk anda, informasi wisata, kuliner, sejarah, dan lainnya lainnya ada disini.
Semoga informasi ini bisa membantu dan juga bermanfaat, membaca dapat menambah ilmu dan wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *