hiu paus botubarani-wiktravel

Fenomena Hiu Paus di Pantai Botubarani, yang Menakjubkan!

Gorontalo adalah salah satu provinsi yang cukup beruntung, karena mereka di anugrahi oleh sang pencipta dengan keindahan alam yang sangat luar biasa, terutama pantai dan taman bawah laut.

Selain Taman Laut Olele yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia berkat keberadaan sponge Salvadore Dali, Gorontalo juga memiliki Pantai Botubarani yang memiliki wisata unik dan tidak akan dijumpai di tempat lainnya.

Paket wisata jepang

Fenomena Hiu Paus di Pantai Botubarani yang memiliki keunikan sendiri yang kemunculanya sulit ditemukan di perairan dangkal.

Pantai Botubarani

pantai botubarani-wiktravel

Pantai Botubarani adalah sebuah pesisir yang menghadap langsung ke Teluk Tomini, sehingga memiliki air laut yang berwarna biru bersih dengan ombak yang sangat tenang. Pantai Botubarani memiliki pepohonan yang berdiri sejajar secara rapi , seakan siap menjadi pelindung bagi para pengunjung di saat terik melanda.

Di bibir pantai juga terdapat dermaga. Yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk duduk dan bersantai sembari menyantap bekal yang di bawa dari rumah.

Disekitar pantai juga berjajar perahu nelayan setempat, yang diaprkir kemudian digunakan pada malam hari guna mencari ikan di tengah laut

Hiu Paus

Selain pengunjung menikmati pemandangan pesisir yang indah, Pantai Botubarani juga sering kali dikunjungi oleh kawasan hiu paus yang jinak .

Nelayan setempat menjadikan kehadiran paus atau bernama latin Rhyncodon typus tersebut sebagai daya tarik utama di tempat ini. Namun , nelayan tidak bisa memprediksi kapan kehadiran paus di pantai botubaharani. Banyak wisatawan yang harus kecewa karena mereka tak bisa menjumpai hiu paus di Pantai Botubarani.

Baca Juga :  Makanan Khas Aceh Yang BIKIN LAPER!

 

Hiu Paus - wikitravel

Permasalahan itulah yang kemudian membuat Balai Pengelolaan sumber daya pesisir dan laut Makasar melakukan penelitian untuk mengetahui pola kemunculan hiu paus di perairan Pantai Botubarani.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut , hiu paus biasanya akan singgah selama 28 hari pada Mei , selama 21 hari pada juni , 2 hari pada juli dan agustus serta november tidak ditemukan kemunculan hiu paus di pantai tersebut. Oleh sebab itu , Pantai Botubarani akan lebih ramai di kunjungi para wisatawan pada mulai dan juli di setiap tahunnya . Untuk bisa berjumpa dengan hiu paus.

Untuk bisa berjumpa dengan hiu paus , wisatawan harus ke tengah laut dengan menyewa perahu nelayan setempat .Untuk menarik perhatian hiu paus , biasanya para wisatawan akan memancingnya dengan memberi makan berupa udang bisa dibeli dari nelayan setempat.

 

Daya tarik yang dimiliki Pantai Botubarani :

Air Laut Bersih dan Dangkal ,Pantai ini memiliki air laut yang begitu bersih dangkal dan berwarna biru. Ombak di tempat ini cenderung sangat tenang tidak seperti pantai-pantai yang lain dengan ombaknya yang besar-besar.

Garis Pantai yang Indah , Pantai ini memiliki garis pantai yang indah , hal itu dikarenakan banyak terdapat pepohonan rindang yang tumbuh rapi berjajar di sepanjang pesisir pantai.

Hamparan Pasir Putih , Pasir putih yang halus semakin menambah elok pemandangan yang di tawarkan oleh pantai Botubarani yang di tawarkan oleh pantai Botubarani. Selain itu pantai ini juga cenderung bersih sehingga anda betah untuk berlama-lama disana.

Baca Juga :  Mengiurkan di Lidah! Salah satu Makanan Khas Manado Yang Wajib Di Coba

Dermaga yang Instagramble, Tempat ini memiliki dermaga di bagian bibir pantainya. Dermaga ini terlihat begitu indah saat menjelang fajar sore. Selain itu anda juga bisa melihat perahu nelayan yang berjajar rapi di sepanjang garis pantai dekat dermaga

 

Bagaimana pendapat anda tentang Fenomena Hiu Paus di Pantai Botubarani, yang Menakjubkan! ini? Seruuu bukann.. Demikian artikel Tentang Hiu paus di Pantai Botubarani , semoga liburan mu menyenangkan:)

 

by : Zefanya Pontoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *