Baklava, Camilan Manis Yang Wajib Dicoba Di Turki!

Baklava – Salah satu camilan manis yang wajib dicoba ketika kita datang ke Turki kuliner yang memiliki rasa yang manis dan enak ini akan membuat siapapun akan merasa terhipnotis dengan rasanya yang ada. Karena itu kali ini kita akan membahas singkat tentang camilan manis yang wajib dicoba ketika datang ke Turki.

 

Paket wisata jepang

Sejarah Dan Asal Usul Baklava

Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Sama seperti perbedaan pendapat tentang asal-usul kue baklava, sumber dari kata ‘baklava’ juga diperdebatkan. Hingga akhirnya Turkish Standards Institute merilis nama ‘baklava’ berasal dari Turki. Dalam bahasa Turki Kuno baklava disebut juga “baklagu” atau “baklagi”.

Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut g├╝llach.

Pada zaman dulu, baklava terbuat dari roti pipih tidak beragi dengan kacang cincang di antaranya, kemudian dibaluti madu dan dipanggang di dalam oven pembakaran kayu primitif.

Saat ini, baklava modern mengalami sejumlah perubahan sesuai dengan sejarah daerah yang terus berubah. Negara-negara bagian Timur Tengah, Mediterania Timur, Balkan, dan Kaukasia pada akhirnya memperkenalkan baklava sebagai hidangan penutup dari kerajaan Ottoman.

Baca Juga :  Wisata Pulau Togean, Layaknya Surga Tersembunyi!

Baklava dihidangkan untuk para pejabat dan orang kaya, sehingga keterampilan tingkat tinggi sangat dibutuhkan.

Menjadi seorang baklava usta atau master dalam membuat baklava tidak sembarangan, kadang-kadang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk belajar membuat adonan setipis mungkin.

Dahulu kala, orang-orang kaya memakai koki terampil untuk membuat baklava yang sempurna. Sekitar 100 potong adonan tipis dimasukkan ke dalam nampan, tentunya itu membutuhkan kemahiran tingkat tinggi.

Bahkan saking spesialnya, adapula pemilik mansion yang memeriksa adonan baklava dengan koin emas sebelum dimasak, tentunya agar kualitas kue manis ini tetap terjaga.

 

Bahan Dam Pembuatan Baklava

Pada dasarnya baklava adalah lapisan adonan tepung yang tidak beragi, lapisannya sangat tipis dan renyah. Didalam lapisannya, diselingi dengan campuran kacang berbumbu manis, yang meliputi kacang kenari, almond, dan pistachio.

Kue disiapkan di atas nampan besar, dan mentega cair dicurahkan di atasnya. Setelah dipanggang, semuanya direndam atau disiram dengan sirup manis wangi yang dibuat dengan madu, lemon, dan kayu manis.

Rasanya manis dan eksotis, baklava dipotong menjadi potongan-potongan kecil yang beragam seperti segitiga, jajar genjang, berlian atau persegi panjang dan kemudian didinginkan sebelum disajikan.

 

Meskipun makanan ini tidak terlalu terkenal seperti kebab, namun makanan ini menjadi kudapan yang biasa di cicipi ketika di pagi hari.

Jima kita ingin mencicipi makanan ini kita bisa membuatnya dengan mencari berbagai macam resep yang ada seperti di Youtube, Internet dan sebagainya. Dan di Indonesia sudah banyak gerai dan tempat yang menyediakan menu makanan ini sebagai makanan utama.

Baca Juga :  Pesona dan keindahan Negri Yunani, Mengagumkan!

Jadi kita tidak perlu jauh-jauh pergi sampai ke Eropa jika kita tidak mempunyai uang dan waktu yang cukup untuk pergi kesana cukup dengan membuatnya sendiri dirumah kita bisa merasakan rasa dan kenikmatannya yang ada.

Jadi itulah Baklava, camilan manis yang wajib dicicipi ketika di Turki. Jika anda ingin mencari berbagai kuliner dan makanan lain yang bisa menjadi informasi dan referensi ketika anda lapar mungkin disini bisa menjadi tempat yang tepat untuk anda. Jadi sekian untuk kali ini Terimakasih

Gravatar Image
Reading And Writing Can Increase Your Knowledge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *